SHARE OUR KNOWLEDGE

Sciences As A Pilot For Each Our Activity, and Share Our Knowledge Didn't Make A Dead Loss But Would Be Improved On About It.

Monday, June 08, 2009

Menanggapi Fatwa Tentang Facebook

Kita tahu bahwa orang saat ini baru demam FB (facebook) dari semua kalangan dan usia baik yang muda maupun yang tua semuanya kenal dengan FB. FB yang banyak digunakan sebagai alat komunikasi cybernet seperti halnya pendahulunya misal friendster maupun email. Seperti dengan para pendahulunya namun FB ini memiliki fitur yang lebih mudah dan lengkap untuk menjalin koneksi dengan orang lain tanpa batas.

Seiring dengan perkembangan penggunaan FB tersebut, belum lama ini telah keluar fatwa baru setelah fatwa tentang haramnya merokok pada kondisi tertentu yaitu tentang haramnya facebook. Seperti halnya dengan fatwa pendahulunya juga yang mengenai rokok fatwa FB ini pun banyak menerima kritik dan tanggapan yang pedas serta tidak mengenakkan dihati yang dikeluarkan oleh kalangan pengguna FB dan blogger.

Sungguh ironis, seorang yang berilmu (para blogger dan pengguna FB, red) mengeluarkan komentar tanpa melihat dan memahami secara detail fatwa tersebut. Perlu kita semua tahu bahwa isi dari fatwa tersebut adalah larangan penggunaan FB jika menimbulkan nafsu syahwat ataupun mampu menimbulkan zina. Hal itu dikeluarkan karena adanya survei yang telah dilakukan oleh sebelumnya dan pengambilan keputusan tersebut bukan oleh satu ataupun dua orang namun oleh ratusan orang yang mewakili dalam pertemuan tersebut.

Kalau kita mampu mencerna isi dari fatwa tersebut, menunjukkan bahwa sebenarnya Fb itu sendiri tidaklah haram selama penggunaanya tidak menyimpang dari jalur agama dan menjerumus ke dalam kemaksiatan. Seperti halnya seseorang misalkan si fulan yangmembunuh orang lain dengan pisau, bikan berarti pisau tersebut haram/berdosa jika digunakan akan tetapi untuk membunuh orang itu yang berdosa. Kalau pisau tersebut haram digunakan berarti kegiatan ibu-ibu yang menyiapkan bumbu masakan dengan pisau berdosa,,,,tentu tidak.

Seperti halnya pisau tersebut FB juga hanya sebuah alat yang diciptakan oleh manusia sebagai alat komunikasi. Jadi pada dasarnya FB tidaklah haram selama penggunaannya tetap di jalurnya dan tidak mengarah ke dalam kemaksiatan.

Sebagai orang yang berilmu marilah kita bertindak dengan akal dan ilmu jangan menggunakan otot dan hawa nafsu. Sesungguhnya syaitan dan iblis mengendalikan manusia dengan hawa nafsu tersebut. Semua masalah pasti akan ada jalan keluarnya (clear) jika kita semua berpikir dengan jernih dengan akal sehat dan ilmu. Oleh karena itu janganlah mudah terprovokasi secara sesaat tanpa memahami dan mencerna kata-kata lebih dulu.

Labels: ,

7 Comments:

At Thursday, February 25, 2016 11:29:00 AM , Blogger Unknown said...

ninest123 16.02
polo ralph lauren outlet, ugg boots, jordan shoes, tiffany jewelry, ugg boots, nike air max, prada handbags, nike air max, michael kors outlet, louis vuitton outlet, louboutin shoes, ray ban sunglasses, replica watches, cheap oakley sunglasses, replica watches, chanel handbags, michael kors outlet, ugg boots, louis vuitton, louboutin, longchamp, longchamp outlet, uggs on sale, ugg boots, ray ban sunglasses, oakley sunglasses, oakley sunglasses, longchamp outlet, polo ralph lauren outlet, ray ban sunglasses, tory burch outlet, michael kors outlet, tiffany and co, michael kors, michael kors outlet, louboutin outlet, nike free, burberry, michael kors outlet, nike outlet, louis vuitton, gucci outlet, louis vuitton outlet, prada outlet, louis vuitton, oakley sunglasses, christian louboutin outlet, oakley sunglasses, burberry outlet online

 
At Thursday, February 25, 2016 11:35:00 AM , Blogger Unknown said...

air force, nike huarache, north face, vanessa bruno, hermes, mulberry, timberland, michael kors, sac longchamp, coach outlet, nike roshe, sac guess, replica handbags, abercrombie and fitch, michael kors, hollister, nike roshe run, nike air max, oakley pas cher, new balance pas cher, coach purses, michael kors, nike blazer, lacoste pas cher, longchamp, lululemon, air jordan pas cher, michael kors, air max, converse pas cher, tn pas cher, louboutin pas cher, true religion jeans, north face, burberry, true religion jeans, vans pas cher, true religion outlet, longchamp pas cher, nike free, nike air max, ralph lauren uk, nike trainers, hollister pas cher, hogan, nike air max, nike free run uk, ray ban uk, true religion jeans, ray ban pas cher, ralph lauren pas cher

 
At Thursday, February 25, 2016 11:41:00 AM , Blogger Unknown said...

louis vuitton, canada goose outlet, barbour, louis vuitton, ugg,ugg australia,ugg italia, ugg,uggs,uggs canada, bottes ugg, replica watches, wedding dresses, converse outlet, links of london, supra shoes, marc jacobs, moncler, doudoune canada goose, ugg pas cher, moncler, canada goose, sac louis vuitton pas cher, moncler outlet, swarovski crystal, moncler, hollister, moncler, coach outlet, canada goose, swarovski, canada goose, ugg boots uk, montre pas cher, thomas sabo, louis vuitton, pandora charms, moncler, pandora jewelry, canada goose outlet, pandora charms, pandora jewelry, canada goose uk, louis vuitton, lancel, moncler, doke gabbana outlet, juicy couture outlet, karen millen, canada goose, juicy couture outlet, moncler, barbour jackets, toms shoes
ninest123 16.02

 
At Monday, September 25, 2017 5:18:00 PM , Blogger Unknown said...

شركة المثالية للتنظيف بالخبر
شركة المثالية للتنظيف شاه المثالية
شركة شاه المثالية للخدمات المنزلية
شركة المثالية للتنظيف بالدمام
شركة الماسه للتنظيف
شركة المثالية للتنظيف بالجبيل
شركة طيوب لتسليك المجارى بالدمام

 
At Friday, May 06, 2022 6:47:00 PM , Blogger Unknown said...

weblinkvisite site great post to readcontent Sourceother

 
At Monday, July 11, 2022 1:54:00 PM , Blogger Unknown said...

you can try these out Dolabuy Loewe Source https://www.dolabuy.ru Look At This this contact form

 
At Monday, July 25, 2022 6:57:00 AM , Blogger neytap said...

replica bags australia you can find out more v0a18f0n18 replica bags forum replica bags review replica hermes bag v3z64o8b50 replica bags ru check this site out x9n55k4x62 high quality replica bags replica bags gucci

 

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home